DISINIH KITA BERBAGI APA YANG KITA TAHU

Sabtu, 23 November 2013

On 03.57 by Unknown in    No comments
CIRI-CIRI ORGANISASI

Kita sudah pasti sering mendengar apa itu organisasi. Sebab secara tidak terasa kita sudah menjadi sebuah anggota dari organisasi tersebut. Baik organisasi yang sederhana sampai yang rumit.

Ciri-ciri pada Organisasi :
Ada 3 (tiga) ciri organisasi yang perlu di perhatikan, yaitu :

1.     Adanya Sekelompok orang.
2.     Antarhubungan.
3.     Kerja sama yang didasarkan atas hak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan.

Adanya Sekelompok orang
            Organisasi besar ataupun kecil tentu tidak boleh mengabaikan adanya orang-orang di dalam organisas. Baik secara individu maupun kelompok, orang-orang tersebut tentu mempunyai berbagai kepentingan.

Kepentingan orang-orang tersebut dalam oraganisasi dapat di bedakan menjadi 3 (tiga) jenis, yaitu:

A.    Kepentingan Individu
B.    Kepentingan Kelompok
C.    Kepentingan Organisasi

Antar hubungan
            Antar hubungan ebagai ciri kedua dari organisasi. Hanya orang-orang dalam organisasi akan menciptakan suatu hubungan. Hubungan tersebut dapat bersifat pribadi, dapat pula bersifat hubungan kerja.

Kerja sama yang didasarkan atas hak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan

            Adanya struktur organisasi akan mencerminkan hak, kewajiban dan tanggung jawab masing-masing orang untuk mencapai tujuan organisasi.

Diatas sudah dijelaskan bahwa Organisasi mempunyai ciri-ciri, untuk memperjelas lebih lanjut, kita akan membahas tentang
Unsur-unsur yang ad pada Organisasi. antara lain :

1.Man
2. Team Work
3. Tujuan Bersama
4. Equipment
5. Lingkungan
.
           Kita bahas dari yang paling pertama yaitu MAN (Manusia), disini dimaksudkan bahwa manusia itu ialah sebagai personel dari organisasi yang akan menjalankan organisasi. yang diatur oleh sebuah sistem yang bisa dibagi tugaskan menjadi seperti berikut ini : Pemimpin, Manager, dan Workers.

          Selanjutnya kita membahas tentang Team Work atau Kerja Sama. Kerja Sama disini merupakan suatu cara untuk saling bahu membahu saling membantu agar tujuan bersama bisa tercapai. dengan adanya manusia sebagai unsur dari organisasi alangkah baiknya bila kerja sama yang dilakukan dapat dengan baik dilaksanakan.

Tujuan sudah jelas didalam organisasi. Tujuan juga menggambarkan tentang apa yang harus dicapai melalui prosedur, program, pola (network).

Equipment
 atau  peralatan Unsur yang keempat adalah peralatan atau equipment yang terdiri dari semua sarana, berupa materi, mesin-mesin, uang, dan barang modal lainnya (tanah, gedung/bangunan/kantor).

Faktor lingkungan misalnya keadaan sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi. kebijaksanaan (policy), strategi, anggaran (budgeting), dan peraturan-peraturan(regulation) yang telah ditetapkan. Dan juga beberapa tujuan tertentu,

Teori Organisasi


1.       Teori Organisasi Klasik
Teori ini biasa disebut teori tradisional atau di sebut juga Teori mesin . Berkembang mulai abat 19. Dalam Teori ini organisasi d gambar kan sebuah lembaga yang tersentralisasi dan tugas-tugas terpesialisasi serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreatif
Definisi organisasi menurut teori ini adalah struktur hubungan , kekuasaan-kekuasaan, tujuan-tujuan, peran-peranan, kegiatan-kegiatan, komunkasi dan faktor-faktor lain apa bila bekerja sama


v  Macam-macam Teori klasik
Ø  Teori Biokrasi
Ø  Teori Administrasi
Ø  Manajemen Ilmiah
v  Teori Neoklasik
v  Teori Modern

s_tiwi.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/17350/MINGGU_3.doc
lista.staff.gunadarma.ac.id
Hardjito, Teori organisasi dan teknik pengorganisasian ,1993
   


0 komentar: